Jumat, 07 Mei 2010

Repair STRS 6707

STRS 6707 merupakan ic regulator yang sangat populer, ic ini banyak diaplikasikan oleh pabrikan TV Goldstar ke semua tipe-tipe produknya dibandingkan dengan pabrikan merk lain yang menggunakan ic regulator yang sama. Di daerah saya populasinya sangat banyak sekali sehingga kerusakan pun banyak juga. Mungkin didaerah anda pun sama, masih banyak yang dipertahankan hingga sekarang
Kerusakan STRS 6707 beragam jenisnya, namun kerusakannya hampir 90% disebabkan oleh short-nya transistor power regulator yang sudah terintegrasi didalamnya. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan putusnya R 39 ohm 7 Watt, atau bila R tidak putus maka listrik langsung anjlok. Untuk kerusakan lain biasanya pada adjustment yang kurang normal, ditandai dengan tegangan keluaran yang tidak stabil, atau tidak keluar tegangan sama sekali pada outputnya.
Nah..sesuai dengan topik Repair STRS 6707, apa bisa diperbaiki? terus apa untungnya? sedangkan di toko2 juga banyak tersedia dengan harga yang relatif murah.
Memang ic ini banyak dipasaran dengan harga yang terjangkau, namun apabila kita bisa mengakali/memperbaiki tentunya biaya operasional pun akan berkurang, otomatis keuntungan kita semakin bertambah. STRS 6707 bisa di repair apabila kerusakan hanya short pada transistor power nya saja, untuk adjustment masih normal. Perlu diketahui dari 9 pin yang ada, untuk pin 1= COLECTOR, pin 2= EMITOR, pin 3= BASIS, untuk pin lainnya diabaikan saja karena kita hanya terfokus pada ketiga pin ini.
Proses perbaikannya sederhana sekali, konsepnya kita hanya mengganti transistor power yang sudah tertanam pada body STR dengan transistor power regulator dipasang terpisah diluar.
Trik yang saya gunakan langsung anda lihat pada gambar dibawah ini:
Gb.1

Gb.2

Gb.3
Pada gambar 1. Gergaji STR tepat pada garis cekungan diatas lurus dengan pin 1 dan 2. Ini bertujuan untuk memisahkan antara ( pin 1=colector) dengan (pin 2= emitor) agar tidak short/hubung singkat. Proses penggergajiannya sedikit demi sedikit dengan gergaji besi lalu diukur dengan multitester sampai pin1 dengan pin 2 tidak hubung.
Pada Gambar 2. Pasang Transistor power regulator diluar , bisa menggunakan D 1885, BUT 12A, atau lain sejenisnya, pada gambar saya menggunakan Tr. C5048. Gunakan Tr yang berkualitas biar hasilnya pun awet. Untuk pemasangan pin 1 STR diangkat atau bisa kita potong, pin yang lain masuk board, pin pada transistor pengganti disesuaikan letak pin antara B C E pada board. lihat gambar.
Pada Gambar 3. Kita pastikan pemasangan sudah benar, langsung di test apabila led menyala itu berarti regulator sudah bekerja, TV pun siap beraksi kembali.
Mudah-mudahan bisa bermanfaat, adapun kekurangan atau kesalahan tulis silahkan tinggalkan di kolom komentar. (thx Priyono)


18 komentar:

  1. bisa jadi solusi kalau2 kepepet. sulit dapat spare part

    BalasHapus
  2. Bener kang itu salah satunya, kalo stok lagi kosong ya apaboleh buat he..he..langsung sembelih itu STR.

    BalasHapus
  3. jgn lupa elko2nya diganti skalian terutama pada bagian primer biar tambah sip......
    he...he..he... cuma tambahin pengalaman sedikit

    BalasHapus
  4. sip...sip...itu sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat teknisi..he..he

    BalasHapus
  5. Boleh Tanya ya mas,,? Klo misalnya kita langsung memotong pin 1,2,3 skaligus tanpa harus menyembelih bodi dari STRnya bisa gak ya?

    BalasHapus
  6. Sepengetahuan saya nggak bisa, hanya pin 1 saja yg bisa dipotong, untuk pin2 dan 3 masih ada hubungan/hambatan dengan blok adjustment. Atau Anda punya cara lain? silakan saya tunggu hasilnya....ya..Sukses untuk Anda

    BalasHapus
  7. salam kenal saya ucapkan, mohon maaf sebelumnya ikutan di blog ini tanpa pamit dulu sama mas, saya tertarik apa yang di posting di blog ini menurut saya cukup bagus cara penyampaiannya, mohon maaf lagi mas, saya punya keluhan TV Digitec awalnya mati setelah saya cek flaybacknya short saya ganti baru tapi setelah dihidupan tr horisontal jebol terus, kira2 apanya yang mas, mungkin ga yokenya. terimas kasih.

    BalasHapus
  8. Mungkin saja, bahkan kemungkinan terbesar dari yoke,copot lalu periksa barangkali terbakar, kelihatan hitam biasanya,kemungkinan lain B+ over,capasitor HV ada yang sort,kalo boleh tahu langsung jebol atau menunggu beberapa menit,jam...?Ok moga bisa membantu, salam kenal juga sebelumnya

    BalasHapus
  9. jebolnya antara 5 - 10 menit mas

    BalasHapus
  10. udah periksa yokenya belum? konslet sedikit aja bisa demikian, coba ganti dgn yoke tv lain klo ada,coba:
    -periksa B+ 115V, barangkali lebih
    -periksa elco2 pd travo driver horisontal, digitec lama 2,2/160V
    -periksa osilator horisontal
    -pake transistor kualitas bagus begitu juga FBT-nya
    -solderan retak periksa terus solder ulang, kalo bisa sedot dulu timahnya baru solder
    -ok moga membantu dgn sedikit masukan ini

    BalasHapus
  11. ini nmaanya baru kereaktif ehh sorry kreatif meminimalisir pengeluaran dengan harga servis standar itu baru okey kalau komplen pun gak masalah lha wong biayanya juga murah he..he...he...he..

    BalasHapus
  12. Ini memang ditujukan untuk rekan2 kita yang tempatnya jauh perkotaan, kadang beli spart aja bisa menempuh perjalanan berjam-jam, mudah2an bisa sedikit membantu. Asalkan kita menggunakan transistor kualitas bagus,hasilnya tidak kalah awet dengan STR ori. Kalopun komplen anggap saja apez gitu lho..Mbak Awanda...he he he...
    Tapi sejauh ini belum ada komplen yg masuk ke meja Redaksi saya..

    BalasHapus
  13. hebat anda saya ngak nyampek bos salam kenal mas tv ysa lg 21" sudah ganti STRS nya tapi ndak mau keluar teganganya di output travo switchinya trim

    BalasHapus
  14. Salam kenal balik mas, coba cek dioda, photocoupler, sama elco2nya

    BalasHapus
  15. salam kenal mas...saya jony,mau nnya ne mas...saya pnya tv polytron minimax hyperband pka IC HBT-00-04G suaranya bagus,solderan dh sy perbaiki,yang rusak gambarnya mas...,setengah gambarnya kebawah bagus,dan setengah ke atasnya g ad gambar cuma garis2 aj,mnta tolong mas pencerahannya.....dan elco pun hampir semua udh sy ganti....trimaksih

    BalasHapus
  16. Himawary> coba ganti epromnya(ic memory)

    BalasHapus
  17. kalo str6707 dah 2x ganti tetap short lagi padahl elko regulator juga optocou[plr,dz, dah reboisasi...adakah penyebab lain?///mhn solusi...thx

    BalasHapus
  18. kemungkinan travo switching udah soak

    BalasHapus