Minggu, 20 Juni 2010

MODIF DVD PLAYER UNTUK ANAK2

Hampir tiap hari kita dipusingkan oleh anak-anak kita ketika mereka ingin melihat film-film kartun favorit mereka. Ada saja permasalahan yang timbul, mulai dari kepingan yang berserakan sampai DVD player rusak akibat ulah mereka yang lucu-lucu. Yah..maklumlah namanya juga anak-anak.
Mulai dari situlah ide ini muncul untuk memodifikasi Dvd player, agar anak-anak kalo mau nonton tidak usah atau tanpa kepingan CD, lebih praktis dan mudah tentunya, dan tidak ada lagi yang namanya berserakan, kalo sering demikian malah cenderung gampang rusak kan?
Caranya gimana? .......
Kita bisa memanfaatkan fasilitas USB pada DVD player yang rata2 sekarang sudah ada fasilitas tersebut mulai dari yang abal2 sampai yang ber-merk, dan juga fitur DivX-nya. Nah..berbicara masalah USB tentu erat hubungannya sama Flashdisk, karena piranti praktis inilah sebagai penyimpan datanya. Namun sayangnya kapasitas Flashdisk sungguh sangat terbatas hanya sampai 4 Giga saja yang tersedia umum dipasaran. Dan hal ini tidak memungkinkan untuk menyimpan file yang melebihi kapasitas tersebut, artinya kita tidak bisa menyimpan file-file film dalam bentuk kepingan DVD yang mencapai 4,5 Giga dalam jumlah yang banyak.
Untuk itu saya menggunakan Piranti Harddisk sebagai media penyimpan data yang lebih besar. Kita bisa masukkan berpuluh-puluh file film ke dalam harddisk tersebut. Agar nanti anak-anak kalo mau nyetel film tinggal pilih judul-judulnya saja, langsung PLAY...
Tapi kebanyakan rekan2 masih ada yang salah pengertian tentang hal ini ...suatu contoh kita tidak bisa langsung meng-copy file dalam VCD misalnya format DAT langsung ke flashdisk terus dicolokkan ke port USB, nanti file-nya nggak bisa keputar dong.....
Caranya kita harus mengkonversi dulu file2 dalam kepingan DVD maupun VCD kedalam format DivX dulu, setelah itu baru dech...bisa Play...
Perlu diketahui Format DivX ini, salah satu format film generasi baru yang memungkinkan kita menyimpan film berkualitas DVD dalam sekeping CD, dalam kapasitas DVD 4,5 Giga bisa dipadatkan hingga 700 Mega ukuran keping CD, dengan tanpa mengurangi kualitas gambarnya, artinya kita bisa menonton DVD dalam format DivX hanya membutuhkan 700 Mega saja.
Kembali ke permasalahan langsung saja kita siapkan peralatannya:

-Harddisk 3.5
-Converter IDE to USB
-DVD player

Peralatan diatas kita sebagai teknisi tentunya sangat mudah sekali kita dapatkan, biaya operasionalnya pun bisa kita kurangi.....ngerti kan maksud saya.....(nggak pake beli yang baru gitu loh...)
Kita bisa menggunakan Harddisk jenis lain misalnya SATA ataupun jenis external harddisk yang berbentuk mini, lebih kecil dan tipis tapi rata2 berdaya tampung besar keluaran model sekarang, lebih praktis dan mungil.
Tapi disini saya hanya memanfaatkan barang yang sudah ada saja dan jarang terpakai.
Instalasinya bisa anda lihat apabila menggunakan harddisk 3.5 pada gambar dibawah ini:



Ini memang agak semrawut...he he he..tergantung penataan Anda sajalah ....biar sip perangkat diatas masuk dalam satu casing box Dvd.
Pada gambar diatas terdapat celah kabel tempat kabel AC, ini agar Dvd player bisa tertutup rapi sehingga aman untuk anak2, dan juga untuk tempat kabel yang masuk ke port USB, ini untuk mempermudah proses transfer file dari PC ke Harddisk didalam Dvd player.
Untuk kabel AC pada Power supply Harddisk bisa kita tempatkan pada saklar Dvd player supaya proses ON-OFF bisa secara bersamaan.
Berikut ini adalah langkah-langkah proses menyiapkan Harddisk yang harus diperhatikan:
- Harddisk diformat dulu menggunakan format FAT32, jangan menggunakan format NTFS.
- Harddisk sebaiknya jangan dipartisi, karena nanti Drive yang terbaca oleh DVD player hanya Drive yang pertama saja.
- Untuk melakukan proses format FAT32 lebih dari 20 Giga, tidak bisa dilakukan dari Windows XP, untuk itu kita bisa pergunakan semisal Partition Magic atau tool-tool yang lainnya yang sejenis.
Setelah proses diatas selesai baru kita masukkan file2 film yang sudah kita siapkan, tentunya dalam format DivX ke dalam Harddisk. Dan siap diputar .....Biar lebih jelas mengenai DivX Anda juga bisa membaca artikel DivX di blog rekan saya http://servicedvd.blogspot.com/ Ok rekan2 semuanya barangkali ada masukan....
Semoga Bermanfaat..

13 komentar:

  1. ide apik kang. biasane cd/dvd gampang baret/rusak nggo dolanan.

    BalasHapus
  2. Ya kang Nugroho,setidaknya kita bisa mengurangi hal semacam itu

    BalasHapus
  3. ya kalau mau lebih sip lagi ,copot saja semua slot mekanik optiknya ,jadi deh "DVD pakai hardisk" he..he..he...

    BalasHapus
  4. Boleh juga tuh.., DVD player sekarang juga nggak mau ketinggalan sama PS yang udah pake harddisk duluan..he he

    BalasHapus
  5. Hallo kin, saya Elcid admin tvservicemenu.com datang memberitahukan kepada anda bahwa blog ini telah mendapat backlink dari tvservicemenu.com
    silakan anda lihat di http://www.tvservicemenu.com/p/link-exchange.html
    Karena anda terlebih dahulu memasang link kami dan kami temukan dalam software pencari backlink yang kami pakai...demikian kujungan saya dan salam sukses untuk anda, terus maju dan berkarya.

    BalasHapus
  6. Hallo juga bang Elcid...ok terimakasih atas kunjungannya. Salam kenal sebelumnya dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. kalo yang aku pake malah nggak ber merk, mungkin anda belum faham aja...
    coba anda baca postingannya sampai selesai, saya kira udah jelas semuanya...

    BalasHapus
  9. oh ya sorry kang gk baca sampe tuntas, oke deh makasih kang info nya, salam persodaraan,

    BalasHapus
  10. saya butuh mekanik penggerak optik baru/bekas 100biji ada yang bisa bantu gak

    BalasHapus
  11. Klo pke dvd xternal bisa nggk ya bos?

    BalasHapus
  12. Klo pke dvd xternal bisa nggk ya bos?

    BalasHapus