Rabu, 04 Agustus 2010

TRANSISTOR CABUTAN.......???

Ini bersifat hanya sekilas info saja, mungkin anda pernah atau bahkan sering mereparasi TV yang menggunakan tabung Monitor bekas satu set dengan yoke-nya. Biasanya TV tersebut adalah rakitan bermesin China dengan merk semau gue artinya disesuaikan keinginan perakitnya, tinggal tempel aja dan dikemas rapi lalu dilempar di pasaran, dan ternyata banyak juga peminatnya dikarenakan harganya yang relatif murah.
Menurut info, perakit biasanya mendapatkan tabung2 monitor dari bekas upgrade kantor2 instansi pemerintahan, swasta, pabrik2 dan lain-lain yang sekarang sudah diganti menggunakan LCD. Lha..terus apa hubungannya dengan gambar diatas?...
Gambar diatas adalah transistor2 yang dicopot dari Mainboard dari per unit monitor komputer yang sudah diambil tabung CRT-nya untuk dirakit menjadi TV itu tadi. Dan sekarang Transistor copotan diatas sudah dilempar ke toko-toko dengan harga murah, dan bisa diaplikasikan sebagai pengganti transistor Power Regulator maupun Power Horisontal.
Mungkin bisa jadi sudah ada di toko elektronik terdekat Anda, tapi hati-hati juga kadang-kadang ada yang tercampur dengan lain jenis. Sebaiknya dilihat datasheetnya dulu sebelum menggunakan......................................!

5 komentar:

  1. he...he..he... ,biasanya yg cabutan dari monitor kuat2 ,harganya lebih murah daripada yang baru

    BalasHapus
  2. Begitu pengumuman langsung diserbu tukang2, harga murah(separo harga baru), kualitas original bawaan monitor......he he he

    BalasHapus
  3. betul tu mas,, itu kan udah jadi rahasia umum, tapi bwt kita para teknisi, ya gk apa2 sih, dg catatan "harga tak pernah bohong", jd siap2 klw ad komplain dari costumer..

    BalasHapus
  4. yuup siip, terimakasih kunjungannya kang Ayi

    BalasHapus
  5. sesuai hukum eko, jika beli cari harga murah, material kuat, dijual harga selangit....

    BalasHapus