Jumat, 24 Desember 2010

TV China AV dipenuhi garis2 vertikal



Banyak permintaan dari rekan2 untuk memposting pengalaman2 servis, kali ini baru sempet menulisnya, dikarenakan kesibukan di darat yang cukup banyak.
Tv china merk SAAB dengan ic program LC863532B 54D5, ic chroma LA76810A dengan kerusakan seperti gambar diatas apabila dipindah ke posisi AV .
Langsung buka casing, lihat mainboard dengan teliti atas bawah ada komponen yang mencurigakan nggak? kalo dilihat secara fisik, karena tv china biasanya rentan elco2 jebol, ternyata kelihatan masih OK,walaupun elco2 kelihatan masih ok alangkah baiknya diganti, hal ini untuk jaga2 terutama pada out SMPS dengan nilai2 100/160V, 1000/35V, 470/35V, 22/250V karena kualitas elco China yang anda tahu sendirilah..he he he... kemudian solderan untuk langkah pertama ternyata banyak juga yg retak, langsung aja solderan diperbaharui yaitu dengan menyedot dulu baru kita solder biar hasilnya kuat dan bagus.
Saatnya mencoba untuk mengetes hasilnya ...ternyata masih utuh hasilnya...karena ini memang bukan sasaran utama dari biang kerusakan ..he he he...
Meningkat ke tahap yang lebih serius lagi dengan sasaran pin ExtVideo input dari IC chroma LA 76810A terletak pada pin 42 karena pin ini yang menjadi saluran video external. Ukur sana sini...he he ...dalam waktu yg agak singkat akhirnya kena juga biangnya...ditemukan R 833=82 Ohm dalam keadaan putus.... mudah2an hanya ini saja.
Saatnya untuk mengetes lagi, dan ternyata......eh langsung ok. langsung di test menggunakan DVD hasil gambarnya juga bagus. Ya udah beresin semuanya...bersih2 tinggal menunggu bayaran.
Semoga bermanfaat.......

18 komentar:

  1. mantap.... bayaran terus mas.....kelihatan gampang tapi bagi pemula kaya aku pasti butuh waktu yg agak lama ...bravo mas aisy...

    BalasHapus
  2. keren tuh gambarnya ,kalau buat service dvd jadi tambah binggung he...he...he...

    BalasHapus
  3. Tenny> wah rupanya anda salah kamar nih....atau mungkin kebawa postingan yg model pengalaman kayak beginian dari Aisy...he...he...he...

    Service DVD> Bisa2 disangka MT-nya yang rusak padahal TV-nya yang eror...ha ha ha ha ha....

    BalasHapus
  4. sori bro.... biasa lagi ngevens sama kang aisy...jadi salah catat ni bro,,,,,, maafin aku ya bro.....namax juga manusia jadi hilafx masih ada .....moga sukses selalu ,,kin elecktronics

    BalasHapus
  5. singkat dan jelas... mksh kang kin...

    BalasHapus
  6. mantaps!sangat jelas...thanks!!

    BalasHapus
  7. tambah lagi bos kin. ditunggu postingan berikutnya. masih menyimak trus......

    BalasHapus
  8. jadi seneng banyak rekan,,,,sip klw bisa berbagai merek cina bos.

    BalasHapus
  9. Makasih kunjungannya kang Eman, maunya sih semuannya cuman biasalah karena kesibukan didarat yg susah ngatur jadwalnya.

    BalasHapus
  10. bos mo nanya tv konka hidup cuman 15 menit langsung mati klo di off sebentar dan di on lg hidup cuman sampai 15 menit tolong ya bos....

    BalasHapus
  11. Bisa jadi solderan retak ataupun elco2 ada yg bocor mas Lukman

    BalasHapus
  12. ah mantap ini baru tekhnisi cangih saya belum yampek bos.........

    BalasHapus
  13. Biasa aja kali, lama2 juga nyampe mas

    BalasHapus
  14. mantep bener sih mas cara deteksi kerusakannya,, butuh berapa lama bisa sensitif kayak mas gitu?? aku baru menginjak ke dunia beginian neh,,dan amat sangat tertarik.

    BalasHapus
  15. Malem Kang, kembali mohon pencerahan setelah problem DVD selesai , dalam rangka proses pembelajaran sekarang saya ketemu sama TV Cina merk VOTRE , bisa hidup normal kira2 satu menit trus gambar ILANG tapi suara normal di Off kan dan diON kan lagi, idup normal lagi satu menit Gambar ilang lagi suara normal kira2 apanya tuh Kang? apa mungkin FBT rusak?
    Mohon pencerahannya ya kang..........
    Matur nuwun
    Sholikhin

    BalasHapus
  16. coba periksa bag ABL, periksa juga solderan mungkin ada yg retak

    BalasHapus
  17. Kang yg dimaksud dengan periksa ABL gmana ya.... trus klo masalah solder hampir 90% sdh di solder ulang, langkah yg sdh saya ambil ganti FBT, Elco2 sudah di babat... klo diperhatikan Filamen sih nyala dan mati bersamaan ilangnya gambar, Kang klo tegangan heater itu harusnya berapakah?, sy curiga ada Elco yg kering atau ada capasitor yg shot...tapi ga tau bagian mananya...
    mohon petunjuknya ya kang....

    BalasHapus
  18. .bang,tv saya merk bomba21".siaran tv gambar normal,tapi gambar pada av in bergetar melipat lipat.kira kira apanya yg rusak.mohon solusinya.thank.

    BalasHapus