Rabu, 02 Februari 2011

Sedikit Tips Cara Membandrek FLYBACK


Hampir semua teknisi TV pastilah pernah mengalami sedikit kesulitan dalam mencari serial FBT yang pas dengan yang mau diganti, kadang harus masuk banyak Toko elektronik tapi ternyata barang yang kita cari belum tentu ada, walhasil hanya memakan waktu, biaya, dan tenaga saja...alias cuapek...he he he...
Gimana mau bayaran wong cari sparepartnya aja nggak nemu. Tentunya kita sejenak berpikir untuk alternatif pengganti lainnya, satu-satunya jalan harus dengan Membandreknya, atau mengganti dengan serial part yang lain kalo memang betul-betul nggak ada.
Disini saya akan memberikan sedikit gambaran membandrek FBT dengan hasil gambar yang bagus dan mudah2an hasil akhirnya awet....biar nggak mengecewakan konsumen.
Okelah langsung saja, untuk dapat membandrek FBT langkah awal kita harus tahu data pin yang akan mau kita bandrek dulu, apabila tidak ada tulisan pada PCB-nya tentunya kita harus mengurut jalur masing2 sehingga dapat diketahui berapa voltase pada masing2 pin. Kita pastikan bahwa datanya sudah benar.
Alangkah lebih baik kalau kita punya banyak skema FBT, sehingga mempermudah pemilihan FBT sebagai penggantinya dengan kita tahu karakteristiknya terlebih dahulu.
Untuk pemilihan FBT sebagai pengganti janganlah asal, karena nanti berpengaruh pada hasil gambarnya nanti dan tentunya banyak kendala2 yang mempersulit kita sendiri pada proses pemasangannya. Untuk lebih mudahnya kita harus memperhatikan hal2 sebagai berikut:

1. Tegangan FBT/B+, ini adalah hal yang terpenting dalam pemilihan FBT pengganti, karena tiap2 FBT mempunyai B+lain2, misalnya : 90V, 115V, 125V, 135V, harus disesuaikan, suatu contoh: B+ 115V diganti dengan B+ 125 ini nanti akan berakibat voltase yang keluar pada sekunder FBT menurun, dengan demikian gambar akan sedikit gelap karena tegangan Heater menurun, dan tegangan sekunder lainnya.

2. Motif Lingkaran Pin FBT, pilihlah motif yang sama lingkarannya, hal ini agar pemasangan pada PCB-nya lebih gampang, tinggal tancap dan kelihatan rajin, meskipun kita harus potong jalur karena voltase Pin yang berbeda.

3. Ukuran Inch CRT, ini juga berpengaruh lebih baik menggunakan FBT untuk ukuran Inch CRT yang sama, ukuran model TV sekarang misal: 14", 20"/21", 29".

4. Merk TV, ini memang tidak begitu berpengaruh, hanya saja kalo menggunakan FBT yang dipakai dengan merk yang sama tentunya lebih mudah, karena biasanya Pabrikan untuk update produknya hanya ada perubahan sedikit, nah ini tentunya mempermudah kita dalam mengoplos Pin ataupun modifikasi. Misalnya TV merk Samsung menggunakan FBT FTK-14A004F(S) diganti dengan FBT FSV-14A001 kepunyaan Samsung juga, nah tentunya ini hanya perlu sedikit modifikasi saja.

5. Mungkin ada yang mau nambahin....?

Untuk tegangan AFC apabila pada FBT pengganti nggak ada bisa diambil pada tegangan Heater, atau digulung membuat lilitan tambahan pada inti ferit FBT.
Apabila gambar melebar atau menyempit secara Horisontal, anda bisa memodifikasi Capasitor pada Yoke misal nilai2: 334/400V, 474/400V dengan menambah atau mengurangi. Janganlah merubah nilai Capasitor Resonansi atau Capasitor pada Colector Transistor Horisontal, karena sangat beresiko.

Saya juga sering mengganti FBT TV China dengan yang lain karena memang di pasaran hanya sebagian saja yang ada, jatuh pada pilihan 154-177B kepunyaan Goldstar, karena serial ini banyak kecocokan dan harganyapun nggak terlalu mahal, banyak dipasaran dan lumayan awet walaupun kualitas biasa.



13 komentar:

  1. betul kang.. saya juga sering menemukan hal seperti ini.. hasilnya ok juga... dan uang yg kita dapat lumayan ga mengecewakan...

    BalasHapus
  2. Selak ra sabar nunggu sambungane....rek..ayo dab dipun lanjutkan cara "mbandrek"nya soale aku ada TV Mitochiba 29" FBT nya dah lemah gambare wis gelap/remang2 SCREEN FBT wis diputer poll. Ada stok FBT tsb nggak? Serial/model FBT nya mengko menyusul yo.

    BalasHapus
  3. senopati arya> thanks kunjungan
    Dhe Kenchus> update blog blm sempet terus nih....he he..lagi sibuk banget sabar ya....
    stok FBT nggak punya, okelah sementara bisa lewat email mungkin ada yang bisa saya bantu

    BalasHapus
  4. Sangat membantu nih, terima kasih Kang .

    BalasHapus
  5. Sama2 kang Rudi dan terimakasih telah berkunjung

    BalasHapus
  6. kalo flyback cepat panas kira2 apanya ya. Saya bru saja bnerin mc tv china. Mesin gantian. Fly yang aslinya terbakar. Saya ganti baru gak lama terbkar lg. Tegangan B+ normal 115. Thanks sblmya.

    BalasHapus
  7. inovasi dan ilmu Elektronik yang sangat berharga sekali, sekaligus menambah persahabatan..

    BalasHapus
  8. Sangat berharap, semoga web ini menjadi web yang terdepan dalam menyajikan informasi yang mencerahkan. Salam Hangat dari kami Pembicara Internet Marketing

    BalasHapus
  9. tanks infonya lur..
    sya pendatangg baru
    lumayan buat tambahan ilmu

    BalasHapus
  10. Cara bandreknya gimana bos sya pengen belajar

    BalasHapus
  11. menarik sekali..

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    BalasHapus